16 Mei 2016

KEUTAMAAN MENDIDIK ANAK-ANAK PEREMPUAN DALAM ISLAM

BILAAD (Tarbiyatul Aulaad):
🌻📒🌻📒🌻📒🌻📒
🌸📕TERJEMAHAN KITAB:
-------------------------------------------
✵🌸✵TARBIYATUL AULAAD FII DHAUIL KITAABI WASSUNNAH✵🌸✵
{Pertmuan ke_12}
................ »✿❀✿«.............. 

⛱5- KEUTAMAAN MENDIDIK ANAK-ANAK PEREMPUAN DALAM ISLAM:

🗯💎Sungguh sangat disayangkan apa-apa yang dilakukan oleh sebagian orang jika diberi kabar gembira dengan lahirnya anak perempuan dia marah dengan hal tersebut, dan perbuatan ini termasuk akhlak orang-orang jahiliyah yang Allah telah mencela mereka dalam firman-Nya:

{وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِالْأُنثَىٰ ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ (*) {يَتَوَارَىٰ مِنَ الْقَوْمِ مِن سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ ۚ أَيُمْسِكُهُ عَلَىٰ هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ ۗ أَلَا سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ}

⇝"Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah (*) 
🚪Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. (An-Nahl: 58-59.

🔮Manusia tidak mengetahui dimana letaknya kebaikan, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

{ فَإِن كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا}

⇝" Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (An-Nisaa`: 19).

🌷💎Demikian juga anak-anak perempuan    bisa jadi pada mereka terdapat kebaikan yang banyak bagi seorang hamba di dunia dan di akhirat, dan cukuplah dia dalam membenci mereka berarti dia telah membenci apa-apa yang Allah ridhai untuknya.

💦Dan sebagian orang memperlakukan istrinya yang lemah dengan perlakuan yang jelek disebabkan karena istrinya melahirkan untuknya anak perempuan, terkadang dia memboikotnya atau menceraikannya atau menyaikiti hatinya atau mencelanya.

⚠Apakah dia tidak takut balasan dari Allah atas kezhalimannya terhadap istrinya?!

⚡Berhentilah dan berpikirlah dengan jernih: apakah kelahiran itu berada di tangannya atau ditangan Pencipatnya?
Bukankah rasa marah, kecewa, tidak ridha termasuk melampaui batas terhadap Dzat Al-Ilahiyah?!

🎀🌻Kemudian hendaklah dia mengetahui bahwasanya Allah telah memberi rezeki berupa anak-anak perempuan kepada orang-orang yang lebih mulia darimu disisi Allah, misal -Nabi- Luth dan Syu'aib 'alaihimassalam, dan tidak ada yang hidup untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seorangpun anak laki-laki bahkan Allah memberkahinya dengan putrinya Fathimah dan keturunannya.

❁🌸Dan diantara perkara yang jarang ditemukan adalah apa-apa ya-ng diriwayatkan bahwa ada seorang laki-laki dari Arab kunyahnya Abu Hamzah  Adh-Dhabbi, dia menikahi seorang wanita dan sangat menginginkan istrinya melahirkan untuknya anak laki-laki kemudian sang istri melahirkan untuknya anak perempuan maka dia meninggalkan rumah istrinya karena sangat marah atas kelahiran anak perempuannya kemudian dia memilih tidur di tempat lain, kemudian di suatu hari dia melewati rumah istrinya dan dia mendapatkan istrinya sedang bermain dengan putrinya sambil berkata:

🏡Ada apa dengan Abu Hamzah tidak mendatangi kami ...
Berteduh di rumah yang setelah rumah kami.
🔥Marah karena mengapa kami tidak melahirkan anak laki-laki ...
Demi Allah hal tersebut bukanlah di tangan kami.
Akan tetapi sesungguhnya kami hanya mengambil apa yang Dia berikan kepada kami ...
🌳Dan kami bagaikan tanah bagi orang yang menanam tanaman pada kami...
Kami tumbuhkan apa yang telah mereka tanam pada kami.

💦Maka ketika Abu Hamzah mendengar bait-bait itu timbullah rasa kasih sayang seorang ayah, maka dia masuk ke dalam rumah dan mencium kepala istrinya dan putrinya.
‌‌◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆
📝🎀Ustadzah Ummu Ubaidah Ruqoyyah al Ambuniyah حفظها الله
◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆◆
📩Bersambung.....

📡Channel:
📶http://bit.ly/groupBILAAD
💻http://tarbiyah-aulad.blogspot.com
〰〰〰〰〰〰
🎀🌸ⓦ ⓐ. ⓑ ⓘ ⓛ ⓐ ⓐ ⓓ 🌸🎀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar