16 Mei 2016

Apakah boleh anak laki-laki yang sudah baligh tidur bersama ibunya dan saudara wanitanya?

BILAAD (Tarbiyatul Aulaad):
🍃🌺 FATAWA-FATWA TENTANG PENDIDIKAN ANAK 🌺🍃

📝MAKNA HADITS :

"وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِيْ الْمَضَاجِعِ"

"Dan pisahkan tempat tidur di antara mereka."

📚Fatwa nomor 1600

👉🏼Al-Lajnah ad-Daimah lil buhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta' ditanya :

🔒Apakah boleh anak laki-laki yang sudah baligh tidur bersama ibunya dan saudara wanitanya?

→Jawab :

🔓Tidak boleh anak laki-laki  yang telah baligh dan berusia sepuluh tahun tidur bersama ibunya atau saudara wanitanya, tidur dalam satu tempat tidur atau satu kasur bersama mereka, demi untuk :
👉 Menjaga farji
👉 Menjauhi fitnah, dan
👉 Menutup pintu kejahatan.

▷Nabi صلى الله عليه وسلم telah memerintahkan untuk memisahkan tempat tidur di antara anak-anak ketika mereka berusia sepuluh tahun, beliau bersabda :

مُرُوْا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ لِسَبْعٍ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ، وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِيْالْمَضَاجِعِ

"Perintahkan kepada anak-anak kalian untuk shalat pada usia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika enggan shalat pada usia sepuluh tahun dan pisahkan mereka pada tempat tidurnya."
Dan mereka yang belum baligh diperintahkan untuk 'meminta izin' ketika akan masuk kamar pada tiga waktu, sebab di waktu-waktu itu sering terbuka aurat, sehingga karena itu tiga waktu itu dinamakan AURAT, Allah Ta'ala berfirman :

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ۚ مِّن قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُم مِّنَ الظَّهِيرَةِ وَمِن بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ۚ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَّكُمْ ۚ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ ۚ طَوَّافُونَ عَلَيْكُم بَعْضُكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ} [النور : 58]

"Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya'. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."
(QS: An-Nur: 58)

⇨Adapun yang sudah baligh, maka mereka diperintahkan untuk meminta izin di SEMUA WAKTU ketika akan masuk kamar orang tua.
Allah Ta'ala berfirman :
{وَإِذَا بَلَغَ الْأَطْفَالُ مِنكُمُ الْحُلُمَ فَلْيَسْتَأْذِنُوا كَمَا اسْتَأْذَنَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ} [النور : 59]
"Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur balig, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."(QS. An-Nur: 59)

▶Semua itu demi untuk menutup pintu fitnah dan berhati-hati dari jalan-jalan kekejian dan kejahatan

▷Adapun anak-anak yang belum berusia sepuluh tahun maka mereka BOLEH tidur bersama ibu atau saudara wanitanya dalan satu tempat tidur, karena mereka masih membutuhkan penjagaan dan pengawasan jika aman dari fitnah, bahkan jika AMAN DARI SEGALA FITNAH boleh tidur bersama-sama meskupun mereka sudah baligh dalam satu ruangan atau satu kamar, tapi 👉 masing-masing mereka dalam satu kasur sendiri-sendiri."

▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷
🖍🌸Diterjemahkan Oleh:Ummu Abdillah Zainab Bintu Ali Bahmid عفا الله عنهما 🌸🖍
▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷▷

👉🏼📡Channel Telegram:
http://bit.ly/groupBILAAD

👉🏼💻http://tarbiyah-aulad.blogspot.com

            🖼تربية الأولاد🖼 

      ✒🎀ⓦⓐⓑⓘⓛⓐⓓ🎀✒

Tidak ada komentar:

Posting Komentar