12 Nov 2015

MUQADDIMAH

        TARBIYATUL AULAAD FI DHAU`IL
                     KITAB WA SUNNAH.

          "Pendidikan Anak Dalam Cahaya
                Al Kitab dan As Sunnah"

بسم الله الرحمن الرحيم

Akhawati fillah baarakallahu fiikunna jami’an, in syaa Allah pada hari ini kita akan membahas sebuah kitab yang ditulis oleh Syaikh Abdussalam bin Abdullah As-Sulaiman yang berjudul;

“Tarbiyatul Aulaad fii Dhau`il Kitab was Sunnah” Penidikan Anak dalam Cahaya Al-Kitab dan As-Sunnah.

Semoga Allah memudahkan kita dalam membimbing dan mendidik anak-anak kita sesuai dengan Al-Kitab dan As-Sunnah dan menjadikan anak-anak kita anak-anak yang shalih yang akan menolong kita didunia dan diakhirat nanti sekaligus menjadi penyejuk mata kita.

                MUQADDIMAH PENULIS

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم. وبعد:

Sesungguh Allah telah memberikan nikmat-nikmat kepada hambanya dengan nikmat yang agung, dan diantara nikmat yang paling agung adalah nikmat anak yang shalih yangmana dia adalah amalan shalih untuk orangtuanya pada kehidupannya dan setelah kematiannya, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan hal tersebut dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

{ إِذَا مَاتَ اِبنُ آدَم انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ }

"Jika mati bani Adam maka terputuslah amalannya kecuali dari 3 perkara"
Dan beliau menyebutkan diantaranya:

{ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ }

"Atau anak yang shalih yang senantiasa mendoakannya".

Oleh karena itu perhatian para Nabi dan orang-orang shalih lebih besar tertuju kepada keturunan dikarenakan terhimpun untuk mereka dari kebaikan yang besar.

Dan sungguh banyak dari manusia yang menterlantarkan perkara ini terkhusus pada zaman ini bersamaan dengan banyaknya kekacauan, kesibukan dan fitnah. Dan banyak diantara mereka yang tidak mengetahui petunjuk Nabawi yangmana bisa membantu dalam mendidik anak-anak padahal dia termasuk perkara yang paling penting yang wajib atas seorang muslim memperhatikannya dan mengikutinya dikarenakan padanya merupakan perbuatan menjalankan sebab yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan dalam membimbing anak-anak.

Dan ini adalah kitab kecil yang saya kumpulkan didalamnya apa-apa yang mudah bagiku dari Al-Kitab dan As-Sunnah dalam mendidik anak-anak, semoga dia bisa membantu dan membimbing orangtua dalam mendidik anak-anak mereka.

Saya memohon kepada Allah untuk menjadikannya ikhlas mengharap wajah-Nya Yang Mulia.

Sebagaimana saya tidak lupa untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada Syaikh kita Shalih bin Fauzan Al-Fauzan atas muqaddimahnya untuk kitab ini. Saya memohon kepada Allah agar menjadikan hal tersebut dalam timbangan kebaikannya dan memberkahinya pada waktunya dan amalannya.

Alih Bahasa: Ummu ‘Ubaidah Ruqayyah bintu Jamal Al-Jauhariyyah Al-Ambuniyyah, 26 Dzul Hijjah 1436/ 10 oktober 2015_dikota Ambon Manise.

                       Wa.Tarbiyatul Aulaad
                                  (BILAAD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar