8 Mar 2017

BAGAIMANA KITA MEMBERIKAN HAK-HAK ANAK-ANAK KITA

BILAAD (Tarbiyatul Aulaad):
📖🎀TERJEMAHAN KITAB🎀📖


📝💐MUHADHARATU FILDZATUL  AKBAD HUQUQUL AULAD 💐📝

↪Pertemuan 14↩

🌷Akhawati fillah kita lanjutkan kajian kita dari kitab Fildzatul Akbad KHUQUQUL AULAD.

↪Kita telah sampai pada Bab kelima BAGAIMANA KITA MEMBERIKAN HAK-HAK ANAK-ANAK KITA ,  kita sampai pada poin kesepuluh :

🔟 MENYAYANGI MEREKA DAN LEMAH LEMBUT KEPADA MEREKA :

📝Dari Urwah bin Az-Zubair, dari Aisyah istri Rasulullah صلى الله عليه وسلم menceritakan kepadanya ssmbil berkata :
جاءتني امرأة معها ابنتان تسألني، فلم تجد عندي غير تمرة واحدة فأعطيتها، فقسمتها بين ابنتيها، ثم قامت فخرجت، فدخل النبي صلى الله عليه وسلم فحدثته، فقال:  من يلي من هذه البنات شيئا فأحسن إليهن كن له سترا من النار.

"Datang kepadaku seorang wanita meminta-minta bersama dua anak wanitanya, maka aku tidak mempunyai apapun selain satu biji kurma lalu aku berikan kepadanya, maka dia membagi kurna itu untuk kedua anak wanitanya lalu dia berdiri dan keluar, maka Nabi صلى الله عليه وسلم masuk lalu aku ceritakan kepada beliau, maka beliau bersabda: " Barangsiapa membimbing anak-anak wanita ini lalu berbuat baik kepada mereka maka mereka akan menjadi penutup/penghalang untuknya dari api neraka."
HR. Bukhari dan Muslim.

✍🏼Dari Az-Zuhri berkata menyampaikan kepada kami Abu Salamah bin Abdirrahman, bahwa Abu Hurairah رضي الله عنه berkata :

قبل رسول الله صلى الله عليه وسلم الحسن بن علي وعنده الأقرع بن حابس النميمي جالسا، فقال الأقرع :  إن لي عشرة من الولد ما قبلت منهم أحدا !!  فنظر إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم قال.:  من لا يرحم لا يرحم.

"Rasulullah صلى الله عليه وسلم mencium Al-Hasan bin Ali dan di sisi beliau ada Al-Aqra' bin Habis At-Tamimi sedang duduk, lalu Al-Aqra' berkata,  'Sesungguhnya saya mempunyai sepuluh anak dan saya tidak pernah mencium seorangpun dari mereka !!"  Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم melihatnya kemudian bersabda: "Barangsiapa tidak menyayangi maka dia tidak disayangi." HR.  Bukhari dan Muslim.

🌸Dari Aisyah رضي الله عنها berkata :

جاء أعرلي إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال :  تقبلون الصبيان فما نقبلهم.   فقال النبي صلى الله عليه وسلم :  أو أملك لك أن نزع الله من قلبك الرحمة ؟!.

"Datang seorang Arab Badui kepada Nabi صلى الله عليه وسلم sambil berkata: " Kalian mencium anak-anak sedangkan kami tidak mencium mereka."  Maka Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:  "Apa yang bisa lakukan untukmu jika Allah telah mencabut kasih sayang dari hatimu?!.  HR. Bukhari dan Muslim.

✏Dari Abu Sulaiman Malik bin Al-Huwairits berkata: " Kami datang kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam keadaan umur kami berdekatan di usia muda, maka tinggal bersama beliau selama dua puluh malam, dan kami merindukan keluarga kami, lalu beliau bertanya tentang keluarga yang kami tinggalkan dan kami menceritakan kepada beliau, dan beliau seorang yang lembut dan penyayang, lalu beliau bersabda :

إرجعوا إلى أهليكم،   فعلموهم،  ومروهم،   وصلوا كما رأيتموني أصلي،  وإذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم ثم ليؤمكم أكبركم.

"Pulanglah kalian kepada keluarga kalian lalu ajari mereka, dan perintahkan mereka, dan Shalatlah kalian seperti melihat aku shalat,  dan Apabila datang waktu shalat maka adzanlah salah seorang dari kalian,  kemudian hendaklah yang paling tua dari kalian mengimami kalian." HR. Bukhari.

1⃣1⃣ MEMBERI CONTOH
             YANG BAIK

↪Bersambung in Syaa Allah:

''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
✍🌸Diterjemahkan Oleh:
Al Ustadzah Ummu Abdillah Zainab Bintu Ali Bahmid حفظها الله تعالى  Pada Hari Senin tanggal 02 Jumadil Awwal 1438 H / 30 Januari 2017 M.
~~جزاها الله خيرا~~

'''''''''''''''''''''''''🌸🌸'''''''''''''''''''''''''

Mari Bergabung ⤵
📡 http://bit.ly/groupBILAAD
🌐 http://tarbiyah-aulad.blogspot.com.

✒🎀 WA.BILAAD 🎀✒

Tidak ada komentar:

Posting Komentar