8 Mar 2017

Bagaimana kita memberikan hak anak-anak kita?

BILAAD (Tarbiyatul Aulaad):
———○○○🌷📘○○○———
■TERJEMAHAN KITAB ■
——————————————
📖🌷 *MUHADHARATU FILDZATUL AKBAD HUQUQUL AULAD*

《Pertemuan ke-12》

بسم الله الرحمن الرحمن
الحمدلله رب العالمين،  والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه،  أما بعد :

🍎Akhawati fillah kita lanjutkan kajian kita dari kitab Fildzatul Akbad KHUQUQUL AULAD.

🔁Kita telah sampai pada Bab kelima Bagaimana kita memberikan hak anak-anak kita?'

1⃣ Memilihkan nama yang bagus untuk anak
2⃣ Aqiqah

3⃣ MenyusuI

4⃣ Memberi nafkah

Keempat item di atas telah kita kaji, selanjutnya sekarang kita kaji item kelima :

⚖5⃣ ADIL DALAM PEMBERIAN :

Dari 'Amir berkata: Saya mendengar An-Nu'man bin Basyir رضي الله عنهما dan dia berada di atas mimbar, dia berkata: "Ayahku memberi untukku suatu pemberian, maka 'Amrah bintu Rawakhah (ibunya) berkata," Aku tidak ridha sampai engkau mempersaksikan (pemberian itu) kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم."
Maka (ayahku) mendatangi Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan berkata, "Sesungguhnya aku telah memberi kepada anakku dari 'Amrah bintu Rawakhah dengan suatu pemberian maka dia menyuruhku untuk mempersaksikan pemberian itu kepadamu wahai Rasulallah." Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :"Apakah kamu memberi kepada semua anakmu seperti itu?" Dia menjawab, "Tidak." Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :"Bertaqwalah kamu kepada Allah dan berbuat adillah kepada anak-anak kalian." Maka dia Kembali pulang dan meminta kembali pemberiannya." HR. Bukhari dan Muslim.

6⃣ MEMERINTAHKAN MEREKA UNTUK SHALAT DAN BERSABAR UNTUK ITU:

Berdasarkan firman Allah ta'ala :

وأمر أهلك بالصلوة واصطبر عليها، لا نسأئلك رزقا نحن نرزقك والعقبة للتقوى

"Dan perintahkanlah keluargamu mengerjakan shalat dan bersabarlah dalam mengerjakannya, Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu, dan akibat yang baik adalah bagi orang yang bertakwa." QS. Taha: 132

Dan dari 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya berkata, 'Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka (jika tidak mau shalat) ketika mereka berusia sepuluh tahun, dan pisahkan mereka dari tempat tidurnya," HR. Ahmad dan Abu Dawud.

7⃣ HATI-HATI DARI MENDOAKAN KEJELEKAN UNTUK ANAK :

Dari 'Ubadah bin Ash-Shamit dari Jabir bin Abdillah, dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

لا تدعوا على أنفسكم،  ولا تدعوا على أولادكم،  ولا تدعوا على أموالكم،  لا توافقوا من الله ساعة يسأل فيها عطاء فيستجيب لكم.

"Janganlah kalian mendoakan kejelekan untuk diri kalian, dan jangan mendoakan kejelekan untuk anak-anak kalian, jangan mendoakan kejelekan untuk harta kalian, jangan sampai bersamaan waktu memohon (berdoa) kepada Allah lalu dikabulkan permohonan kalian." HR. Muslim.

8⃣ ⛳Bersambung in sha Allah..............🚂🚋🚋🚋🚋🚋🚋

°-------------------∷↭∷-----------------°
✍🏻🌷 Diterjemahkan Oleh :al-Ustdzah Ummu Abdillah Zainab bintu Ali Bahmid حفظها الله ,pada hari Senin, 18 Rabi'uts Tsani 1438 H/ 16 Januari 2017 M.

°-----------------∷↭∷------------------°
📮Channel Telegram :

📡 http://bit.ly/groupBILAAD
🌐 http://tarbiyah-aulad.blogspot.com

✒🎀 Wa.BILAAD 🎀✒

Tidak ada komentar:

Posting Komentar