10 Agu 2016

TERMASUK SUNNAH-SUNNAH YANG SHARUSNYA BAGI SEORANG MUSLIM MELAKUKANNYA (SUNNAH AT-TAHNIK)


🌷 【TERJEMAHAN KITAB】🌷
_●____________________________●                     

ミ🔴TARBIYATUL AULAAD FII DHAUIL
          KITABI WASSUNNAH🔴ミ

⇢《Pertemuan ke_①④》⇠

🍒7.  TERMASUK SUNNAH-SUNNAH YANG SHARUSNYA BAGI SEORANG MUSLIM MELAKUKANNYA (SUNNAH AT-TAHNIK)

✿At-Tahnik adalah mengunyah kurma kemudian menggosoknya di langit-langit mulut bayi.

💬🚂Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu beliau berkata:
"Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau lalu memberinya nama Ibrahim, beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan,"

🌸❈Asma bintu Abi Bakr radhiyallahu 'anhuma ketika dia melahirkan Abdullah bin Az-Zubair dia berkata:
🍼"aku membawa bayiku ke hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, aku meletakkannya di pangkuannya. Kemudian beliau meminta sebutir kurma dan mengunyahnya kemudian meludahkannya ke mulut bayiku. sehingga yang pertama kali masuk ke rongga mulutnya adalah air ludah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian beliau memasukkan kunyahan kurma ke bagian langit-langit mulutnya lalu mendo'akannya dan mendoakan keberkahan atasnya. "

🍶Dan tahnik dilakukan setelah bayi baru dilahirkan,  dan tujuannya adalah untuk membiasakan sang bayi dengan makanan dan menguatkannya.

💭❋Berkata Ibnu Hajar rahimahullah:
"Yang pertama adalah kurma,  jika tidak dimudahkan dengan kurma maka dengan ruthab dan jika tidak maka dengan sesuatu yang rasanya manis, dan madu lebih utama dari yang lainnya.

❈Termasuk dalil disyari'atkan tahnik ketika melahirkan dan disunnahkan bagi anak yang baru lahir adalah bahwasanya Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:
💦suatu ketika bayi milik Abu Thalhah jatuh sakit.

🏡 Bayi tersebut kemudian meninggal tatkala Abu Thalhah sedang keluar rumah. Saat Abu Thalhah kembali kerumah dia bertanya kepada Ummu Sulaim; 'Bagaimana keadaan anakku? Dia menjawab; 'Aku lihat dia sekarang lebih tenang di dari sebelumnya.

🍧🍴 Kemudian, seperti biasa, Ummu Sulaim menghidangkan makan malam untuk suaminya. Selesai makan malam, keduanya tidur dan melakukan hubungan suami istri.

🍭Tak lama setelah itu, Ummu Sulaim mulai menceritakan keadaan anaknya yang sebenarnya, bahwa dia telah dikuburkan. Keesokan harinya, Abu Thalhah menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seraya menceritakan hal itu.

⁉Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya: "Apakah kalian sudah menjadi pengantin semalaman? Abu Thalhah menjawab;; 'Ya'. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendoakan:
🌤☄'Ya Allah berkatilah mereka berdua. Ketika Ummu Sulaim melahirkan seorang anak, Abu Thalhah berkata kepadaku (Anas); 'Bawalah anak ini ke hadapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam!

✿🍃Maka anak itu aku bawa ke hadapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan beberapa buah kurma. Lalu beliau mengambil anak itu sambil bertanya: 'Adakah sesuatu yang di bawa bersamanya? Para sahabat menjawab; Ya ini ada beberapa buah kurma. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengambil kurma itu dan langsung mengunyahnya.

🍱Setelah itu, beliau ambil kurma yang telah dikunyahnya itu dan memasukannya ke dalam mulut bayi tersebut, beliau menggerak-gerakan mulut bayi tersebut dan memberinya nama Abdullah.

🔘Berkata An-Nawawi rahimahullah:
Para ulama telah sepakat atas sunnahnya mentahnik anak yang baru lahir di hari kelahirannya)
〰〰🍃🌻🌻🍃〰〰
✍Ustadzah Ummu Ubaidah Ruqoyyah al Ambuniyah حفظها الله
〰〰〰〰〰〰〰〰
📩Bersambung...

📡Channel:
📶http://bit.ly/groupBILAAD
💻http://tarbiyah-aulad.blogspot. com                                        
             …………❈◆◇◆✺◆◇◆❈…………  

         🎀ⓦ ⓐ. ⓑ ⓘ ⓛ ⓐ ⓐ ⓓ 🎀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar