11 Jan 2016

TENTANG KEUTAMAAN SIFAT JUJUR.

TERJEMAHAN KITAB

WASHOYAL ABAAI LIL ABNAAI

◎Pertemuan ke 20◎

PELAJARAN KE :11

Duhai Anakku...

Jika engkau telah selesai mengerjakan shalat wajib, maka kerjakanlah shalat sunnah setelahnya, dan mohonlah kepada Allah dengan do'a yang mudah dari do'a - do'a yang baik. Dan banyaklah memohon ampunan kepada Rabb mu, dan mintalah dibukakan bagimu, karena Dialah yang maha membuka dan maha mengetahui.

Duhai anakku...

Jika engkau mampu untuk tidak duduk di masjid kecuali engkau dalam keadaan telah berwudhu, maka lakukanlah. Karena sesungguhnya masjid itu adalah rumah Allah, dan bukan dari adab yang baik, jika masuk ke dalam rumah Rabb mu, dan engkau dalam keadaan tidak siap beribadah kepada-Nya.

Duhai anakku...

Sesungguhnya keumuman kaum muslimin memandang kepada penuntut ilmu yang mulia dengan pandangan penghormatan. Mereka menganggap besar sesuatu yang kecil yang para penuntut ilmu itu terjatuh padanya. Maka berhati-hatilah anakku, dari berbagai  ucapan manusia yang akan mencelamu . jangan engkau meninggikan suaramu di dalam masjid, karena yang demikian itu merupakan kejelekan menurut  orang awam. terlebih lagi jika  dia seorang penuntut ilmu yang mulia, maka lebih buruk dan lebih mungkar lagi.

Dan jangan engkau mendebati seorangpun dari saudaramu, dan jangan engkau berselisih dgnnya, dan jangan engkau menyempitkan seorang muslim yang ingin beribadah di rumah Rabbnya.

Duhai anakku...

Sesungguhnya seorang yang awam jika masuk ke dalam masjid,maka yang sepantasnya bagimu adalah dia belajar darimu tentang adab dan khusyuk, bukan engkau yang beradab jelek kepanya, yang menyebabkan dia yang memberi nasehat dan bimbingan kepadamu.

Maka Wahai Anakku...

Jangan engkau melalaikan kemuliaan ilu dengan adab yang jelek didalam rumah Allah. Dan jangan engkau menjadi sebab orang awam melontarkan ucapan yg jelek kepada saudara-saudaramu.
Dan jika engkau melihat dari salah seorang yang shalat itu sesuatu yang engkau  tdk menyukainya, maka bersikaplah kepadanya dengan baik dan lemah lembut.

Dan jika engkau hendak memahamkan kepadanya tentang hukum syar'i, maka jangan engkau berkata kasar kepadanya, dan jangan engkau membuatnya lari dari belajar tentang agama, dan Allah ta'ala memberi petunjuk kepada siapa yang di kehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.

PELAJARAN KE:12
TENTANG KEUTAMAAN SIFAT JUJUR.

Bersambung, Insya Allah....

https://bit.ly/groupBILAAD
http://tarbiyah-aulad.blogspot.com

                             WA BILAAD
                        Tarbiyatul Aulaad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar