8 Mar 2017

MELATIH SEBAGIAN ADAB DAN AKHLAQ YANG BAIK

BILAAD (Tarbiyatul Aulaad):

  ==●TERJEMAHAN KITAB●==
TARBIYATUL AULAD FII DHOUIL KITAABI WA SUNNAH 
{{ Pertemuan ke-20 }}
بسم الله الرحمن الرحمن
الحمدلله رب العالمين،  والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه،  أما بعد :

Akhawati fillah,  semoga Rahmat Allah ta'ala dicurahkan kepada kita semua, Amin.
Kita lanjutkan kajian kita dari kitab 'Tarbiyatul Aulaad Fii Dhouil Kitaabi wa Sunnah''.
13. MELATIH SEBAGIAN ADAB DAN AKHLAQ YANG BAIK
Setelah di sapih sang anak masuk pada  tahap  ini dengan membersihkan fitrah dan suka meniru, dan dia bagaikan adonan yg mudah dibentuk maka janganlah menganggap remeh tahap ini dan janganlah beranggapan bahwa dia masih kecil belum berakal
Sungguh bermanfaat pelajaran adap anak-anak di masa kecil
Dan tidak bermanfaat bagi mereka pelajaran setelah masa kecilnya.
Sesungguhnya ranting itu akan lurus jika engkau meluruskannya.
Dan kayu tidak akan menjadi lembut walau engkau melembutkannya.
Maka, biasakanlah sang anak dengan adab-adab makan, tidur, salam, mengambil dan memberi dengan tangan kanan, memuji Allah ketika bersin, dan mendoakan orang yang bersin demikian juga akhlaq jujur dan amanah.

Dari Umar bin Abi Salamah dia berkata:
كُنْتُ غُلَامًا فِي حَجْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِي
Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Wahai Ghulam, bacalah Bismilillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku .
⚡Kemudian hindarkan dia dari akhlaq-akhlaq yang jelek seperti berdusta, sombong, dan cemburu dengan saudara-saudaranya.
Dan termasuk perkara yang wajib dilakukan oleh kedua orang tua adalah memperingatkan sang anak dari hal-hal yang haram sebagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memperingatkan Al hasan dari makanan sedekah karena mereka termasuk ahlul bait dan sedekan tidak halal untuk mereka.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata:
َخَذَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ تَمْرَةً مِنْ تَمْرِ الصَّدَقَةِ فَجَعَلَهَا فِي فِيهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِخْ كِخْ ارْمِ بِهَا أَمَا عَلِمْتَ أَنَّا لَا نَأْكُلُ الصَّدَقَةَ
Suatu ketika Al Hasan bin Ali mengambil sebuah kurma dari tumpukan kurma sedekah lalu meletakkannya di mulutnya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Kikh…kikh…, buanglah itu. Tidakkah kamu tahu, bahwa kita tidak memakan dari harta sedekah."
Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu bahwasanya dia melihat seorang anaknya sedang memakai gamis dari sutera maka dia merobeknya dan mengatakan bahwa ini (sutera) adalah untuk para wanita.
Sehingga wajib atas kedua orang tua melarang anak dari hal-hal yang haram walaupun terangkat qolam (pencatat amal dan dosa) darinya, maka sungguh jika dia telah terbiasa dengan hal-hal yang haram sejak kecil, maka akan terbiasa hingga besar dan sulit baginya terlepas dari hal tersebut.
Dan bagi seorang ibu membiasakan putrinya dengan rasa malu, menjauh dari laki-laki yang bukan mahramnya, memakai pakaian yang menutup auratnya dan menjauh dari pakaian-pakaian yang pendek yang mana banyak dari kaum muslimin diuji dengannya.
 Bersambung InsyaAllah.....
■■■■■■■
✍ Al Ustdzah Ummu Ubaidah Ruqoyyah al Ambuniyah حفظها الله تعالى  ,Pada hari Rabu,18 Jumadil Awwal 1438 H/ 15 Februari 2017 M.
➖➖➖
Join Channel Telegram :
 http://bit.ly/groupBILAAD
 http://tarbiyah-aulad.blogspot.com
✒Wa.BILAAD ✒


Tidak ada komentar:

Posting Komentar