21 Mar 2016

PERHATIAN SANG IBU DI MASA-MASA HAMIL.

🌸📕🌸📕🌸📕🌸📕🌸📕

📋🌸TERJEMAHAN KITAB:
—————————————————————
◎●TARBIYATUL AULAAD FII DHAUIL KITAABI WAS SUNNAH ●◎
<Bagian 11>
——————————————————————

🔘4. PERHATIAN SANG IBU DI MASA-MASA HAMIL.

🍄Dan hal tersebut dilakukan dengan tidak memberikan apa-apa yang bisa memudharatkan kehamilan atau memberi sebab jelek bagi janin seperti:

💥Meminum obat-obatan, melakukan sinar (yang berbahaya).
💥Melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat.
💥Merokok bagi ibu ataupun ayah.
💥Meminum minuman keras yang memabukkan (Sang anak dilahirkan sebagai pemabuk, karena janin mengambil makanan dari asupan sang ibu).

🌺Memberi kabar gembira dihari kelahiran.

☝🏾Jika seorang muslim diberi rezeki berupa anak maka disunnahkan baginya memberi kabar gembira ketika melahirkan dan hendaklah kabar gembira itu dengan mendatangkan sang anak ketika sudah dilahirkan sebagaimana Allah Azza Wa Jalla berfirman:

{يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَىٰ }

〰Wahai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak yang namanya Yahya" (Maryam: 7)

Dan DIA -Yang Tinggi kehendak-NYA- berfirman:

{فَبَشَّرْنَاهُ بِغُلَامٍ حَلِيمٍ}

〰Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar. (Ash-Shaafat: 101)

Allah Ta'ala berfirman:

{وَبَشَّرْنَاهُ بِإِسْحَاقَ نَبِيًّا مِّنَ الصَّالِحِينَ} 
 
〰Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. (Ash-Shaafat:112)

Allah -Yang Maha Tinggi kehendak-NYA- berfirman:

{إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ} 

〰(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Wahai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat" (Aal 'Imran: 45)

🌺 Sujud Syukur
Ketika seorang muslim mendapatkan suatu ni'mat maka disunnahkan baginya sujud kepada Allah sebagai bentuk rasa syukur. sujud syukur adalah sunnah bahkan sangat ditekankan sunnahnya ketika mendapat suatu ni'mat atau ditolak dari sesuatu yang dibenci, dan dia adalah sekali sujud seperti sujud tilawah.

🍯Dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam jika datang sesuatu yang menggembirakannya beliau sujud sebagai bentuk syukur kepada Allah Ta'Ala. (Riwayat Abu Dawud)

Dan beliau -Atasnya Shalawat dan Salam- bersabda:

إِنِّي سَأَلْتُ رَبِّي وَشَفَعْتُ لِأُمَّتِي فَأَعْطَانِي ثُلُثَ أُمَّتِي فَخَرَرْتُ سَاجِدًا شُكْرًا لِرَبِّي ثُمَّ رَفَعْتُ رَأْسِي فَسَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي فَأَعْطَانِي ثُلُثَ أُمَّتِي فَخَرَرْتُ سَاجِدًا لِرَبِّي شُكْرًا ثُمَّ رَفَعْتُ رَأْسِي فَسَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي فَأَعْطَانِي الثُّلُثَ الْآخِرَ فَخَرَرْتُ سَاجِدًا لِرَبِّي

〰"Aku memohon kepada Rabbku dan memintakan syafa'at untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga umatku, lalu aku bersujud sebagai rasa syukur kepada Rabbku. Kemudian aku mengangkat kepalaku dan memohonkan untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga umatku, lalu aku bersujud sebagai rasa syukur kepada Rabbku. Kemudian aku mengangkat kepalaku dan memohonkan untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga yang lainnya, lalu aku bersujud untuk Rabbku "
(HR. Abu Dawud dari hadits Sa'ad bin Abi Waqqas)

〰Dan Abu Bakr Ash-Siddiq radhiyallahu 'anhu sujud ketika sampai padanya (kabar)tentang penaklukan Al-Yamamah, sebagai bentuk rasa syukurnya kepada Allah Ta'ala.

〰Dan Ka'ab bin Malik radhiyallahu 'anhu sujud ketika datang kabar gembira bahwa Allah memberi taubat atas kesalahannya.

—————————————————————
📝🎀Al Ustadzah Ummu Ubaidah Ruqoyyah Al-Ambuniyah حفظها الله🎀📝
—————————————————————

📥Channel :
http:/bit.ly/groupBILAAD

🌐http://tarbiyah-aulad.blogspot.com

     🏠تربية الأولاد🏠

🌸Wa.BILAAD 🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar