6 Feb 2016

CATATAN PENTING

📒🎀📒🎀📒🎀📒🎀📒🎀

ⓒⓐⓣⓐⓣⓐⓝ ⓤⓜⓜⓘ

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

📝Sedikit catatan dari ana ya akhawaty.
Sebuah nasehat yang sangat penting dari Asy Syaikh Al Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah, tentang bagaimana tuntunan dalam mendidik anak ketika menjelaskan sebuah hukum suatu perkara,maka hendaknya disertai dengan menyampaikan dalilnya pula.

💎Beliau rahimahullah memberikan sebuah contoh...
Jika kita mengatakan kepada anak kita, ucapkanlah" bismillah" ketika engkau hendak makan... Dan ucapkanlah "alhamdulillah" ketika engkau selesai makan. Maka hal itu mungkin sudah mencukupi bagi kita dalam menyampaikan maksud yang ingin dituju, yaitu mengajarkan do'a kepada mereka.

☝🏼Akan tetapi... Tahukah kita?? Ternyata ada faidah yang lebih besar yang bisa diperoleh ketika kita menyebutkan hukum dan dalilnya...!!!
Beliau rahimahullah Ta'ala menjelaskan faidah tersebut. Mari kita simak kembali perkataan beliau ini...

💬Jika kita mengatakan... Ucapkanlah"bismillah" ketika hendak makan, dan "alhamdulillah" ketika selesai makan, karena sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan yang demikian itu, sebagaimana sabda beliau :
إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنْ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الْأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا.
"sesungguhnya Allah ta' ala ridha kepada seorang hamba yang memakan suatu makanan dan dia memuji Allah dengannya. Atau dia meminum  minuman dan dia memuji Allah dengannya".

⇨maka orang tua akan memperoleh 2 faidah, yaitu:

📌Yang pertama:
Dengannya, orang tua membiasakan anak-anaknya untuk mengikuti dalil.

📌Yang kedua:
Dengannya orang tua mentarbiyah anak-anaknya agar tumbuh kecintaan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan bahwa beliau shallallahu alaihi wasallam adalah imam yang wajib untuk diikuti dan diambil petunjuknya.

👉🏼Hal inilah yang pada hakikatnya banyak orang tua yang terlalaikan darinya. Kebanyakan mereka mengarahkan anaknya untuk mengikuti suatu hukum saja, akan tetapi mereka tidak mengikatnya dengan menyebutkan sumber hukum tersebut yaitu Alqur an dan Assunnah.
(sampai disini perkataan beliau rahimahullah).

✏Subhanallah... Sungguh kita kadang terlalaikan...

✔Semoga Allah ta'ala memudahkan kita untuk mengamalkan nasehat ini.

آمين يا مجيب السائلين

🎁Untuk ana pribadi dan para orang tua, mari... mulailah berbenah diri dari sekarang untuk lebih bersemangat menghafal Alqur an dan hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam...

📆Balikpapan,
Ba'da Isya
17 rabi ul akhir 1437 H.

📀📀📀📀📀📀📀
Diterjemahkan bebas, sumber gambar dari chanel telegram : tasfiatarbiaabna

➡➡➡➡➡➡➡➡➡
📥Telegram
http://bit.ly/groupBILAAD

💻http://tarbiyah-aulad.blogspot.com

                                  
         🏠تربية الأولاد🏠

✒🎀ⓦⓐ ⓑⓘⓛⓐⓐⓓ🎀✒

Tidak ada komentar:

Posting Komentar