7 Des 2015

Pertemuan ke 15

◎●◎●◎
Pertemuan ke 15

📚TERJEMAHAN KITAB📚

💎 WASHOYAL ABBAI LIL ABNAAI 💎
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

📖Pelajaran ke sembilan:

💺Tentang adab-adab majelis dan berceramah.

🎯Duhai anakku.

Jika engkau melewati suatu kaum, maka ucapkanlah salam dengan lafadz yang telah ma' ruf yang telah ditetapkan dari Alquran dan Assunnah annabawiyah, yaitu dengan perkataanmu:
(السلام عليكم)

"keselamatan atas kalian"

👋🏼🍃Dan jangan engkau merubah  ucapan ini kepada ucapan yang lain (dari lafadz-lafadz-pent) yang baru.

👋🏼🍃Dan jangan engkau masuk kedalam majelis suatu kaum kecuali setelah diberi izin, karena boleh jadi mereka sedang membicarakan  tentang suatu perkara yang mereka tidak senang jika engkau ikut serta berbicara didalamnya selain mereka saja.

🚧Dan jauhilah dari terlalu semangat ikut campur terhadap urusan manusia , karena sesungguhnya ikut campur itu, menjadikan rasa berat dalam  jiwa meskipun dia orang yang paling berilmu di masanya.

🎯Duhai anakku...

🏡Lihatlah kepada dirimu. Jika engkau berada didalam rumahmu misalnya, engkau sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang engkau senang agar tidak ada orang lain yang melihatnya selain engkau, serta merta datang seseorang masuk kerumahmu, bukankah engkau merasakan keberatan dan berharap agar dia segera pergi?

🏮Maka demikian pula keadaanmu jika engkau turut campur tanpa izin dan tidak ada keinginan dari mereka dengan kehadiranmu bersama mereka.

🍃〰〰🍃〰〰🍃〰〰🍃
📝 Ummu Aiman حفظها الله

📩 bersambung insya Allah....
_________________
📝🎨 BILAAD (Tarbiyatul Aulad)
📶 http://telegram.me/groupBILAAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar