18 Nov 2015

BERMUDAH-MUDAHAN DALAM MENDORONG ANAK UNTUK MENDIRIKAN SHALAT

🍃🌺 Fataawa Tarbiyatul Aulaad

=Fatwa-fatwa tentang pendidikan anak

BERMUDAH-MUDAHAN DALAM MENDORONG ANAK UNTUK MENDIRIKAN SHALAT

Asy-Syaikh bin Baz رحمه الله ditanya :

🔏 Banyak dari para wali - semoga Allah memberi hidayah untuk mereka- tidak  memperhatikan dalam mendidik anak-anak mereka  untuk mendirikan shalat fardhu, kebanakan mereka meremehkan masalah ini, mohon nasehat Asy-Syaikh tentang masalah ini, dan apakah mereka berdosa dalam masalah ini?

Asy-Syaikh menjawab :

🔓Ya, kewajiban bagi semua kaum muslimin untuk memperhatikan masalah shalat dan mendidik anak-anak mereka   untuk mendirikan shalat, kewajiban ini untuk ayah, ibu dan bahkan saudara-saudara mereka, seorang ayah wajib memerintah anaknya untuk shalat, begitu pula seorang ibu, bahkan seorang kakak kepada adiknya, juga seorang paman kepada anak keponakannya, mereka semua harus saling tolong menolong dalam kebajikan dan ketaqwaan, karena Allah berfirman :

وتعاونوا على البر والتقوى

"Dan tolong menolonglah kalian dalam kebajikan dan ketaqwaan".

Juga firman Allah ta'ala :

والمؤمنون والمؤمنات بعضهم أولياء بعض يأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر

"Dan orang-orang mukmin laki-laki dan orang-orang mukmin wanita, sebagian mereka menolong sebagian yang lain, mereka memerintahkan kebaikan dan melarang kemungkaran".

Allah ta'ala berfirman :

والعصر إن الإنسان لفي خسر.
الا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر

"Demi masa, sesungguhnya manusia benar-benar dalam keadaan rugi, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, dan saling nasehat menasehati dengan haq dan saling menasehati dengan kesabaran".

☝🏽Maka jika mereka bermudah-mudahan, mereka berdosa, sebagaimana firman Allah :

وأمر أهلك بالصلاة واصطبر عليها

"Dan perintahkan keluargamu untuk shalat dan bersabarlah".

Juga Allah ta'ala berfirman :

ياأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون

"Wahai orang-orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari neraka, dimana bahan bakarnya adalah manusia dan batu, di dalamnya ada malaikat yang kuat dan keras, mereka tidak pernah bermaksiat kepada Allah dari apa yang diperintahkan kepada mereka, dan mereka mengerjakan apa yang diperintahkan".

Allah berfirman :

كنتم خير أمة أخرجت للناس تأمرون بالمعروف وتنهون عن المنكر وتؤمنون بالله

"Kalian adalah umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, dimana kalian beramar ma'ruf nahi mungkar, dan kalian beriman kepada Allah".

👍 Maka wajib bagi ayah, ibu dan saudara-saudara serta yang lainnya untuk saling tolong menolong dalam hal ini, dan hendaklah mereka :

👉 Istiqamah di atas al-haq

👉 Terus-menerus memerintahkan anak-anaknya untuk shalat

👉 Dan menghukum jika mereka meninggalkan shalat.

Fataawa Nur 'ala ad-darbi.

📝 Diterjemahkan oleh :
Ummu Abdillah Zainab Ali Bahmid عفا الله عنهما

WA.Tarbitatul Aulaad
🍃🌺 BILAAD 🍃🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar